Rabu, 23 Maret 2011

Sistem Operasi "ANDROID"


Tentang Android

Sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang digunakan untuk perangkat komunikasi seluler, Android menggunakan Linux sebagai basis pengembangannya. Sistem operasi ini menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk membangun aplikasi mereka sendiri yang kemudian dapat digunakan pada berbagai macam piranti bergerak (mobile).


Awal Mula Android

Sistem operasi Android dikembangkan pertama kali oleh Android, Inc. sebuah perusahaan berbasis di Palo Alto, California, US yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Juli 2005. Hal ini memungkinkan para pengembang untuk menulis kode yang dikelola dalam bahasa Java dan pengendalian perangkat melalui Library-Java milik Google.
Pendiri Android yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Tim Google yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux yang mereka pasarkan ke produsen handset dan operator dengan tujuan memberikan sebuah sistem operasi yang fleksibel dan upgradeable.



Open Handset Alliance
Adalah sebuah konsorsium yang terdiri dari beberapa perusahaan hardware, software dan berbagai perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka bagi perangkat selular, perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Texas Instruments, Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel dan T-Mobile.

Android telah tersedia sebagai sistem operasi open source sejak 21 Oktober 2008. Google membuka seluruh kode sumber (termasuk jaringan dan telepon) di bawah lisensi Apache.










Beberapa fitur dasar pada Android
1. Sinkronisasi email dan kontak dengan banyak akun, dari berbagai sumber
2. Mendukung sinkronisasi Microsoft Exchange
3. Kombinasi inbox untuk banyak akun email
4. Koneksi cepat (quick connect) yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan, mengirim SMS, email, hanya dengan menyentuh foto kontak yang dituju
5. Fitur kamera yang bagus baik flash, zoom digital, scenes, white balance, efek warna dan mode makro
6. Keyboard virtual yang lengkap dengan sensitive
7. Mendukung three-point multitouch
8. Browser yang lebih baik berupa visual thumbnail bookmarks, pengoperasian address bar sekali sentuh, zooming tampilan dengan dua kali sentuh, dan HTML5
9. Teknologi bluetooth 2.1 dengan koneksi peer-to-peer dan akses ke profil di phonebook
10.Aplikasi yang kompatible jika ditampilkan di layar berukuran besar atau kecil

0 komentar:

Posting Komentar