Jumat, 15 April 2011

Cara Mencegah Diabetes



Penyakit yang satu ini memang menjadi momok bagi kita, diabetes militus,. Penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah dan bisa diderita oleh siapa saja ini bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan. Obat-obatan diabetes sudah sebenarnya
sudah banyak tersedia, namun itu hanya mengendalikan gula darah dan tidak bisa mengobati penyakitnya. Dan mencegah adalah cara yang lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes ini.
  1. Kontrol Karbohidrat

    Karbohidrat sederhana di dalam tubuh akan cepat diubah menjadi gula dan dapat menaikkan kadar glukosa dengan cepat. Karbihidrat sederhana ini terkandung dalam makanan seperti gula, sirop, madu, nasi. Oleh karena itu untuk diabetesi dibatasi tidak lebih dari 10 persen dan sebagai gantinya Anda dapat mengonsumsi karbohidrat kompleks sepereti beras merah atau pasta.
  2. Tingkatkan Aktivitas fisik

    Berdasarkan penelitian besar di tahun 2002 menunjukkan bahwa olahraga ringan selama 30 menit setiap hari bisa menguarngi risiko diabetes hingga 58 persen.Selain itu aktivitas fisik memiliki efek yang kuat menormalkan kadar gula darah.
  3. Tingkatkan protei dan lemak baik

    Selain meningkatkan energi tubuh, protein memiliki efek yang baik untuk kadar gula darah. Keuntungan lain yang kita dapatkan dari mengonsumsi protein adlah membuat perut lebih lama kenyang.
  4. Gizi Seimbang

    Mengonsumsi gizi seimbang dapat diartikan dalam formula sederhana, sepereti rutin melakukan sarapan satu jam setelah bangun tidur, menghindari perut kosong lebih dari empat jam agar kadar gula darah tidak terlalu tingi, dan konsumsi protein dan serat setiap kali makan.
  5. Kontrol gula darah

    Jika Anda memiliki riwayat keluarga penderita diabetes atau mengalami obesitas, sebaiknya Anda mulai memeriksa kadar gula darah secara rutin. Ada kondisi yang disebut pradiabetes, yaitu dimana kadar gula darah sudah melampaui normal namun belum mencapai batas diagnosis diabetes. Jika tidak ditangani dengan baik kondisi ini bisa berkembang menjadi diabetes dalam waktu 5-10 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar